Rabu, 19 November 2008

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) NO : 2/RPPIPS/IX.1/ 2008

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
NO : 2/RPPIPS/IX.1/ 2008


Sekolah : SMP Negeri 3 Jatipuro
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/ Semester : IX/ 1
Standar Kompetensi : 4. Memahami Lembaga keuangan dan perdagangan.
Kompetensi Dasar : 4.2 Mendeskripsikan perdagangan internasional dan dampaknya terhadap perkonomian Indonesia.
Indikator : * Menjelaskan pengertian dan faktor –faktor yang menyebabkan timbulnya perdagangan internasional
* Mengidentifikasi manfaat perdagangan internasional
* Mengidentifikasi hambatan perdagangan internasional
* Mengidentifikasi perbedaan perdagangan dalam negeri dan perdagangan internasional
* Mengidentifikasi komoditi ekspor/ impor Indonesia
* Merndeskripsikan pengertian, fungsi dan jenis-jenis devisa
* Mengidentifikasi sumber dan tujuan penggunaan devisa
* Merndeskripsikan dampak perdagangan internasional terhadap perkembangan perekonomian Indonesia
Alokasi Waktu : 8 Jam pelajaran ( 4 x pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran :
Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran siswa dapat :
1. Menjelaskan pengertian perdagangan internasional.
2. Menjelaskan faktor –faktor yang menyebabkan timbulnya perdagangan internasional
3. Mengidentifikasi manfaat perdagangan internasional.
4. Mengidentifikasi hambatan perdagangan internasional.
5. Mengidentifikasi perbedaan perdagangan dalam negeri dengan perdagangan internasional
6. Mengidentifikasi komoditi ekspor/ impor Indonesia.
7. Merndeskripsikan pengertian devisa.
8. Merndeskripsikan fungsi devisa.
9. Merndeskripsikan jenis-jenis devisa.
10. Mengidentifikasi sumber-sumber devisa.
11. Mengidentifikasi tujuan penggunaan devisa.
12. Merndeskripsikan dampak perdagangan internasional terhadap perkembangan perekonomian Indonesia

B. Materi Pembelajaran :
1. Pengertian dan faktor–faktor yang menyebabkan timbulnya perdagangan internasional.
2. Manfaat perdagangan internasional.
3. Hambatan perdagangan internasional.
4. Perbedaan perdagangan dalam negeri dan perdagangan internasional.
5. Komoditi ekspor/ impor Indonesia.
6. Pengertian, fungsi dan jenis-jenis devisa.
7. Sumber dan tujuan penggunaan devisa.
8. Dampak perdagangan internasional terhadap perkembangan perekonomian Indonesia.

C. Metode Pembelajaran :
1. Ceramah.
2. Diskusi.
3. Tanya jawab.

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :

1. Pertemuan 1.

Materi : - Pengertian dan faktor –faktor yang menyebabkan timbulnya perdagangan internasional.
-. Manfaat perdagangan internasional.
- Hambatan perdagangan internasional.

a. Pendahuluan :
- Memeriksa kehadiran, kebersihan kelas dan ketertiban kelas.
- Memotivasi kesiapan belajar siswa.
- Informasi kompetensi yang ingin dicapai.
- Guru menanyakan kepada siswa mengapa masyarakat melakukan jual beli barang dan menghubungkan dengan materi yang akan dipelajari.

b. Kegiatan Inti :
* Mendiskusikan tentang pengertian dan faktor –faktor yang menyebabkan timbulnya perdagangan internasional.
* Diskusi tentang manfaat perdagangan internasional.
* Tanya jawab tentang hambatan perdagangan internasional.

c. Penutup.
- Tunjuk seorang siswa untuk melakukan refleksi terhadap isi pembelajaran yang baru dipelajari.
- Kesimpulan untuk pemantapan pemahaman siswa.
- Melakukan penilaian.

2. Pertemuan 2.

Materi : - Perbedaan perdagangan dalam negeri dan perdagangan internasional.
- Komoditi ekspor/ impor Indonesia.

a. Pendahuluan :
- Memeriksa kehadiran, kebersihan kelas dan ketertiban kelas.
- Memotivasi kesiapan belajar siswa.
- Informasi kompetensi yang ingin dicapai.
- Guru menanyakan/ menghubungkan materi yang lalu dengan materi yang akan dipelajari.

b. Kegiatan Inti
* Tanya jawab tentang perbedaan perdagangan dalam negeri dan perdagangan internasional.
* Tanya jawab tentang komoditi ekspor/ impor Indonesia.

c. Penutup.
- Tunjuk seorang siswa untuk melakukan refleksi terhadap isi pembelajaran yang baru dipelajari.
- Kesimpulan untuk pemantapan pemahaman siswa.
- Melakukan penilaian.

3. Pertemuan 3.

Materi : - Pengertian, fungsi dan jenis-jenis devisa.
- Sumber dan tujuan penggunaan devisa.

a. Pendahuluan :
- Memeriksa kehadiran, kebersihan kelas dan ketertiban kelas.
- Memotivasi kesiapan belajar siswa.
- Informasi kompetensi yang ingin dicapai.
- Guru menanyakan/ menghubungkan materi yang lalu dengan materi yang akan dipelajari.

b. Kegiatan Inti :
* Tanya jawab tentang pengertian, fungsi dan jenis-jenis devisa
* Diskusi tentang sumber dan tujuan penggunaan devisa

c. Penutup :
- Tunjuk seorang siswa untuk melakukan refleksi terhadap isi pembelajaran yang baru dipelajari.
- Kesimpulan untuk pemantapan pemahaman siswa.
- Melakukan penilaian.

4. Pertemuan 4.

Materi : - Dampak perdagangan internasional terhadap perkembangan perekonomian Indonesia.

a. Pendahuluan :
- Memeriksa kehadiran, kebersihan kelas dan ketertiban kelas.
- Memotivasi kesiapan belajar siswa.
- Informasi kompetensi yang ingin dicapai.
- Guru menanyakan/ menghubungkan materi yang lalu dengan materi yang akan dipelajari.

b. Kegiatan Inti
* Diskusi tentang dampak perdagangan internasional terhadap perkembangan perekonomian Indonesia.

c. Penutup.
- Tunjuk seorang siswa untuk melakukan refleksi terhadap isi pembelajaran yang baru dipelajari.
- Kesimpulan untuk pemantapan pemahaman siswa.
- Melakukan penilaian.

E. Sumber dan Media Pembelajaran :
1. Pengetahuan Sosial Ekonomi 3 untuk Kelas 3 SMP/ MTs, Suroso Rendro Adi Widigdo, hal 1 – 37.
2. LKS
3. Daftar komoditas.

F. Penilaian Pembelajaran :
4. Teknik Penilaian
a. Tes tulis
b. Tes lesan

5. Bentuk Instrumen
a. Tes uraian
b. Tes isian
c. Daftar pertanyaan.

6. Contoh soal :
1. Jelaskan pengertian dan faktor –faktor yang menyebabkan timbulnya perdagangan internasional
2. Sebutkan manfaat perdagangan internasional
3. Sebutkan hambatan perdagangan internasional
4. Sebutkan perbedaan perdagangan dalam negeri dengan perdagangan internasional
5. Sebutkan komoditas ekspor Indonesia
6. Jelaskan pengertian devisa !
7. Membayar impor menggunakan …
8. Jelaskan dampak positip perdagangan internasional terhadap perkembangan perekonomian Indonesia


Jatipuro, …… Juli 2008
Mengetahui
Kepala SMP Negeri 3 Jatipuro Guru Ilmu Pengetahuan Sosial




DRS. SUDARSONO SUGENG PRAYITNA, S.Pd
NIP. 130 361 832 NIP. 132 120 964

Tidak ada komentar: