Rabu, 19 November 2008

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) NO : 3/RPPIPS/IX.2/ 2008

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

NO : 3/RPPIPS/IX.2/ 2008

Sekolah : SMP Negeri 3 Jatipuro

Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial

Kelas/ Semester : IX/ 2

Standar Kompetensi : 7. Memahami perubahan pemerintahan dan kerja sama internasional.

Kompetensi Dasar : 7.4 Mendeskripsikan kerjasama antarnegara di bidang ekonomi

Indikator : * Menjelaskan arti kerjasama ekonomi antarnegara

* Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab terjadinya kerjasama antarnegara di bidang ekonomi

* Menjelaskan tujuan kerjasama antarnegara di bidang ekonomi

* Mengidentifikasi hambatan-hambatan yang dihadapi dalam kegiatan ekonomi internasional

* Mengidentifikasikan bentuk-bentuk kerjasama antarnegara

* Mengidentifikasikan badan-badan kerjasama ekonomi yang bersufat regional maupun multilateral yang penting bagi Indonesia

Alokasi Waktu : 6 Jam pelajaran ( 3 x pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran :

Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran siswa dapat :

1. Menjelaskan arti kerjasama ekonomi antarnegara.

2. Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab terjadinya kerjasama antarnegara di bidang ekonomi.

3. Menjelaskan tujuan kerjasama antarnegara di bidang ekonomi.

4. Mengidentifikasi hambatan-hambatan yang dihadapi dalam kegiatan ekonomi internasional.

5. Mengidentifikasikan bentuk-bentuk kerjasama antarnegara.

1. Mengidentifikasikan badan-badan kerjasama ekonomi yang bersifat regional yang penting bagi Indonesia.

2. Mengidentifikasikan badan-badan kerjasama ekonomi yang bersifat multilateral yang penting bagi Indonesia.

B. Materi Pembelajaran :

1. Pengertian kerjasama ekonomi antarnegara.

2. Faktor-faktor penyebab terjadinya kerjasama ekonomi antarnegara.

3. Tujuan kerjasama antarnegara di bidang ekonomi.

4. Hambatan-hambatan yang dihadapi dalam kegiatan ekonomi internasional.

5. Bentuk-bentuk kerjasama antarnegara.

6. Badan-badan kerjasama ekonomi regional maupun multilateral yang penting bagi Indonesia.

C. Metode Pembelajaran :

1. Ceramah.

2. Diskusi.

3. Tanya jawab.

2. Inquiri.

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :

1. Pertemuan 1.

Materi : - Pengertian kerjasama ekonomi antarnegara.

- Faktor-faktor penyebab terjadinya kerjasama ekonomi antarnegara.

a. Pendahuluan :

- Memeriksa kehadiran, kebersihan kelas dan ketertiban kelas.

- Memotivasi kesiapan belajar siswa.

- Informasi kompetensi yang ingin dicapai.

- Guru menanyakan kerja sama perdagangan di masyarakat dan menghubungkan dengan materi yang akan dipelajari.

b. Kegiatan Inti

* Mendiskusikan pengertian kerjasama ekonomi antarnegara

* Tanya jawab tentang faktor-faktor penyebab terjadinya kerjasama antarnegara di bidang ekonomi

c. Penutup.

- Tunjuk seorang siswa untuk melakukan refleksi terhadap isi pembelajaran yang baru dipelajari.

- Kesimpulan untuk pemantapan pemahaman siswa.

- Melakukan penilaian.

2. Pertemuan 2.

Materi : - Tujuan kerjasama antarnegara di bidang ekonomi.

- Hambatan-hambatan yang dihadapi dalam kegiatan ekonomi internasional.

a. Pendahuluan :

- Memeriksa kehadiran, kebersihan kelas dan ketertiban kelas.

- Memotivasi kesiapan belajar siswa.

- Informasi kompetensi yang ingin dicapai.

- Guru menanyakan/ menghubungkan materi yang lalu dengan materi yang akan dipelajari.

b. Kegiatan Inti

* Mendiskusikan tujuan kerjasama antarnegara di bidang ekonomi

* Mendiskusikan hambatan-hambatan yang dihadapi dalam kegiatan ekonomi internasional

c. Penutup.

- Tunjuk seorang siswa untuk melakukan refleksi terhadap isi pembelajaran yang baru dipelajari.

- Kesimpulan untuk pemantapan pemahaman siswa.

- Melakukan penilaian.

3. Pertemuan 3.

Materi : - Bentuk-bentuk kerjasama antarnegara.

- Badan-badan kerjasama ekonomi regional maupun multilateral yang penting bagi Indonesia.

a. Pendahuluan :

- Memeriksa kehadiran, kebersihan kelas dan ketertiban kelas.

- Memotivasi kesiapan belajar siswa.

- Informasi kompetensi yang ingin dicapai.

- Guru menanyakan/ menghubungkan materi yang lalu dengan materi yang akan dipelajari.

b. Kegiatan Inti

* Mengidentifikasikan bentuk-bentuk kerjasama antarnegara

* Mendiskusikan badan-badan kerjasama ekonomi yang bersifat regional maupun multilateral yang penting bagi Indonesia

c. Penutup.

- Tunjuk seorang siswa untuk melakukan refleksi terhadap isi pembelajaran yang baru dipelajari.

- Kesimpulan untuk pemantapan pemahaman siswa.

- Melakukan penilaian.

E. Sumber dan Media Pembelajaran :

1. Pengetahuan Sosial Ekonomi 3 untuk Kelas 3 SMP/ MTs, Suroso Rendro Adi Widigdo, hal 69 – 76.

2. Media cetak/ elektronik.

3. VCD.

F. Penilaian Pembelajaran :

1. Teknik Penilaian :

a. Tes lesan.

b. Quis.

c. Tes tulis.

2. Bentuk Instrumen :

a. Daftar pertanyaan.

b. Tes uraian.

3. Soal :

1. Kegiatan ekspor-impor termasuk kerja sama antar negara dibidang ….

2. Sebutkan faktor-faktor penyebab terjadinya kerjasama ekonomi antarnegara !

3. Sebutkan tujuan kerjasama antarnegara di bidang ekonomi !

4. Sebutkan hambatan-hambatan yang dihadapi dalam kegiatan ekonomi internasional !

5. Sebutkan bentuk-bentuk kerjasama antarnegara !

6. Sebutkan beberapa badan/ organisasi kerjasama ekonomi regional maupun multilateral yang penting bagi Indonesia!

Jatipuro, …… Juli 2008

Mengetahui

Kepala SMP Negeri 3 Jatipuro Guru Ilmu Pengetahuan Sosial

DRS. SUDARSONO SUGENG PRAYITNA, S.Pd

NIP. 130 361 832 NIP. 132 120 964

Tidak ada komentar: